Kamis, 23 Desember 2010

Manusia dan tanggung jawab


Tanggung jawab adalah hal yang harus di lakukan oleh setiap manusia baik kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain. Setiap tindakan,perbuatan maupun sikap yang dilakukan oleh manusia harus bisa di pertanggung jawabkan oleh diri sendiri . Didalam lingkungan sosial rasa tanggung jawab juga menjadi modal utama agar dapat menjadi orang yang di percaya di dalam lingkungan masyarakat.Untuk mempertahankan rasa tanggung jawab kita terhadap sesuatu juga bukan lah hal yang mudah  karena sifat alami manusia yang masih ingin mencari kesenangan dan masih dapat menukar rasa tanggungjawab dengan nilai uang seperti contoh nya hakim yang bisa menjual tanggung jawab pekerjaannya sebagai pembela kebenaran demi uang yang di berikan oleh seorang terdakwa . Dalam mempertahankan sebuah tanggung jawab  terkadang seorang manusia juga harus di hadapkan kepada sebuah pilihan yaitu antara memilih kepentingan pribadi atau memilih kepentingan umum. Belajar rasa tanggung jawab itu sendiri sebenarnya bisa di mulai dari diri sendiri seperti tanggung jawab kepada tugas yang diberikan oleh orang tua di rumah .Berawal dari kita bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri hingga pelan-pelan belajar tanggung jawab  di dalam masyarakat pun bukan lah hal yang sulit karena kita sudah terbiasa bertanggung jawab.

Macam – macam tanggung jawab :
1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi .
2.      Tanggung jawab  kepada bangsa dan Negara  :  Dalam bertindak manusia terikat oleh norma-norma yang di buat Negara,jika manusia itu salah maka dia harus bertanggung jawab terhadap Negara .
3.      Tanggung jawab terhadap keluaraga :  Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab terhadap keluarga yang menyangkut nama baik dan lainnya.
4.      Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat : Setiap anggota masyarakat bertanggung jawab terhadap kelangsungan hubungan antara individu masyrakat agar terjalin dengan baik.
5.      Tanngung jawab terhadap Tuhan : Manusia akan dimintai pertanggung jawabannya kelak oleh Tuhan akan perbuatannya selama di dunia. Tuhan telah menjelaskan semua aturan dan hukuman yang berlaku dalam kitab suci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar