Kamis, 23 Desember 2010

Manusia dan pandangan hidup


Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda . pandangan hidup juga bisa di anggap sebagai pedoman atau motivasi dalam menjalani kehidupan untuk menjadi seseorang yang lebih maju atau mungkin untuk menggapai sebuah cita-cita dan tujuan hidup dari manusia itu sendiri.Dari beberapa sumber juga di katakan bahwa pandangan hidup bisa di artikan sebagai pertimbangan atau pendapat yang timbul dari pemikiran manusia itu karena adanya pengalaman hidup yang sudah dialami oleh seorang manusia .
Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
(A) Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
(B) Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan nonna yang terdapat pada negara tersebut.
135
(C) Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi, maka pandangan hidup itu disebut ideologi. Jika organisasi itu organisasi politik, ideologinya disebut ideologi politik. Jika organisasi itu negara, ideologinya disebut ideologi negara.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan. Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan. Cita - cita ialah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan. Tujuan yang hendak dicapai ialah kebajikan, yaitu segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau peIjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan. Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan jasmani, dan kepercayaan kepada Tuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar