Minggu, 01 April 2012

DEMOKRASI

BAB I

PENDAHULUAN
Demokrasi kata-kata yang sangat sering keluar dari mulut masyarakat Indonesia . Kata yang sangat sering terdengar dari mulut masyarakat saat melakukan sesuatu yang berhubungan dengan politik negara ini . Bebas mengapresiasikan keinginan , mengeluarkan pendapat , ikut serta dalam hal yang berhubungan dengan negara ini adalah pengertian umum dari kata demokrasi. Contoh kan saja saat ada demo di negara kita pasti mereka berkata Indonesia adalah negara “DEMOKRASI”. Tetapi sebenarnya perilaku dengan tameng demokrasi juga mempunya aturan nya sendiri agar apa yang mereka sebut demokrasi tidak menyimpang dari aturan – aturan yang ada di negara ini . Tapi kita juga bisa melihat bukti nyata bahwa Indonesia adalah negara demokrasi saat pemilihan presiden dan calon presiden pada saat pemilu . Kebebsan berpoloitik juga dapat kita lihat saat begitu banyak nya partai terbentuk untuk mengikutin pemilihan presiden . Itu adalah beberapa bukti nyata yang dapat kita lihat bahwa Indonesia adalah negara maju .


1.2 TUJUAN
Adapun isi dari tulisan yang menjadi tugas softskill ini adalah agar para pembaca dapat lebih memehami dan mengerti demokrasi tidak hanya secara umum tetapi lebih mendalam .  Dengan memahami dan membaca makalah ini di harapkan para pembaca dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam hidup bersosialisasi bahkan menjadi individu yang dapat mengembangkan bangsa ini . sebelum dan sesudah saya ucapkan banyak terimakasih.







BAB II
ISI
Berkaitan dengan apa yang sudah saya tulis pada bab lata belakang dibagian ini saya akan menjelaskan lebih rinci tentang demokrasi . Secara etimologi demokrasi berasal dari bahasa yunani yakni “demos” yang artinya rakyat dan “kratos/kratein” yang artinya kekuasaan atau berkuasa .
Demokrasi adalah suatu pemikiran manusia yang mempunyai kebebasan berbicara, mengeluarkan pendapat. Negara Indonesia menjunjukan sebuah negara yang sukses menjadi negara demokrasi , sebagai bukti nyata dalam pemilihan  langsung presiden dan wakil presiden. Selain itu membas menyelenggarakan kebebasan pers . Semua warga bebas berbicara , mengeluarkan pendapat , mengkritik bahkan mengawasi jalan nya pemerintahan negara kita . Demokrasi memberikan untuk mengeluarkan pendapat   bahakn untuk memilih salah satu keyakina pun di bebaskan .
Menurut KBBI pengertian demokrasi adalah benuk atau sistem yang segenap rakyat turut juga memerintah dengan perantara wakilnya . Makna lain adalah gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan kesamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga Indonesia .
Menurut Melvin I.urofsky(seorang professor sejarah dan kebijakan public pada Virginia commonwealty university) demokrasi adalah sesuatu yang berat , bahkan mungkin bentuk pemerintahan yang sangat rumit dan sulit . Banyak ketegangan dan pertentangan dan mensyaratkan para penyelenggara agar berhasil .Demokrasi tidak dirancang secara efisiensi tetapi  demi pertanggung jawaban . Sebuah pemerintahan demokratis mungkin gidak dapat bertindak secepat pemerintahan dictator tetapi seklai mengambil tindakan dapat di pastikan adanya dukungan public atas keputusan tersebut .
Pemikir-pemikir yang mendukung berkembangnya demokrasi antara lain:
John Locke dari Inggris (1632-1704) dan Mostesquieu dari Perancis (1689-1755).

Menurut Locke hak-hak politik mencakup atas hidup, hak atas kebebasan dan hak untuk mempunyai milik (life, liberty and property).

Montesquieu, menyusun suatu sistem yang dapat menjamin hak-hak politik dengan pembatasan kekuasaan yang dikenal dengan Trias Politica.

Trias Politica menganjurkan pemisahan kekuasaan, bukan pembagian kekuasaan. Ketiganya terpisah agar tidak ada penyalahgunaan wewenang. Dalam perkembangannya konsep pemisahan kekuasaan sulit dilaksanakan, maka diusulkan perlu meyakini adanya keterkaitan antara tiga lembaga yaitu eksekutif, yudikatif dan legislatif.

Pengaruh paham demokrasi terhadap kehidupan masyarakat cukup besar, contohnya:
·         perubahan sistem pemerintahan di Perancis melalui revolusi.
·         revolusi kemerdekaan Amerika Serikat (membebaskan diri dari dominasi Inggris).
Saat ini demokrasi telah digunakan sebagai dasar dalam sistem pemerintahan di berbagai negara, termasuk dengan Indonesia. Di Indonesia istilah demokrasi ada kalanya digandengkan dengan kata Liberal, Terpimpin dan Pancasila.



BAB III

PENUTUP

3.1  KESIMPULAN

Belajar mengenai demokrasi sangat penting karena negara kita adalah negara demokrasi sehingga kita dapat memahami lebih dalam mengenai keyakinan yang di anut negara kita sendiri dan kitajuga harus tau bagaimana bersikap dan berperilau sebagai warga negara yang negara nya sanagt berdemokrasi .


3.2 SARAN

Perdalam lah pengetahuan tentang negara kita sendiri agar kita tau harus bagaimana dalam menuntuk hak dan melaksanakan kewajiban kita . Jangan hanya berbicara demokrasi tanpa tau apa itu demokrasi .


DAFTAR PUSTAKA :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar