Kamis, 19 April 2012

budaya sebagai warisan

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Adat istiadat maupun warisan budaya di Indonesia sangat lah banyak dapat di lihat dari berbagai aspek yang ada dan berbagai macam suku yang ada di Indonesia . Bnayak nya suku dan adat istiadat di Indonesia pada era sekarang sudah mulai berkurang karena masuk nya budaya asing di kalangan masyarakat . contohnya saat mengadakan pernikahan sudah jarang maasyarakat yang memakai adat istiadat di daerah mereka bahkan cenderengun memakai tradisi internasioanal .
1.2 TUJUAN
Adapun isi dari tulisan yang menjadi tugas softskill ini adalah agar para pembaca dapat lebih memehami dan mengerti penting nya warisan budaya.  Dengan memahami dan membaca makalah ini di harapkan para pembaca dapat membantu melestarikan budaya Indonesia.
BAB II
ISI
Sesuai dengan apa yang sudah saya bahas pada bab latar belakang . Pada bab ini saya akan mengangkat atau membahas lebih detail tentang adat istiadat atau warisan budaya masyarakat betawi . Warisan budaya betawi adalah salah satu adat yang saat ini masih kental di kalangan masyarakat ibu kota walau pun perlahan mulai hilang oleh budaya asing . Dikalangan masyarakat betawi saat kental terasa adat nya adalah saat ada yang mengadakan pernikahan .  Misal kan ada satu keluarga yang mengadakan pernikan dengan adat betawi salah satu hal yang wajib di bawa saat lamaran adalah roti buaya . roti tanpa rasa berbentuk buaya adalah cirri khas dari pernikahan adat betawi . Sampai saat ini pun penjual roti buaya masih banyak di temui dengan berbagai keunikan nya karena sudah banyak di modifikasi , Pihak pe=ria wajib membwa roti buaya , dodol , dan berbagai makanan khas betawi lainnya . Saat acara pernikahan berlangsung pun kemeriahan sangat twrasa dari keras nya suara petasan yang di pasang untuk menyambut mempelai pria . Masing – masing keluarga sudah mempersiapkan 2 orang penjaga yang biasanya akan adu pencak silat dan adu pantun sebagai bagian dari adat saat sang pria ingin memasuki rumah mempelai wanita . Penajaga dari pihak pria di wajibkan menang bila sang pria ingin menemui mempelai wanita nya . Tapi biasanya pernikahan adat betawi lebih di dominasi keluarga dekat karena biasanya dalam 1 kampung mempunyai ikatan keluarga.  Walaupun sudah banyak pernikahan bertema internasional tetapi masih ada sebagaian masyarakat yang memegang teguh budaya daerah mereka dan memang seharus nya kita pun wajib melestarikan budaya daerah kita .

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Melestarikan dan menjaaga budaya daerah masing – masing adalah kewajiban kita sebagai masyarakat . Bukan tidak boleh mengikuti budaya asing tapi sebaiknya ambil saja segi positif dari negara asing dan tetap pertahan kan budaya negara maupun  daerah kita .
3.2  Saran
Lestarikan lah warisan dari leluhur kita , jaga apa yang telah mereka berikan dan pertahankan apa yang meraka buat . Karena dari meraka lah kita ada sampai sekarang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar