Minggu, 11 Maret 2012

seberapa penting pendidikan pancasila bagi mahasiswa

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Kondisi persatuan dan kesatuan di Negara Indonesia saat ini suday mulai goyah . Terlihat jelas dari banyaknya tindakan anarkis di kalangan masyarakat terutama yang bersangkutan dengan SARA (suku agama dan ras ). Semua sudah menyimpang dari dasar Negara kita yaitu pancasila yang berisi tentang persatuan semua perbedaan yang ada baik dalam hal ras , suku , agama dan segala macam yang ada di Indonesia . Maka dari itu mempelajari pendidikan pancasila sangat lah penting agar dapat menjadi pedoman dalam hidup dan di dalam hidup bermasyarakat.Pendidikan pancasila yang berisikan tentang semual hal mengenai kesopanan , tata krma , etika , adat istiadat dan juga hukum memang sanagt penting di pelajari karena dapat menambah wawasan setiap mahasiswa maupun individu yang mempelajarinya agr tidak menyimpang dari norma-norma hukum maupun norma-norma lain yang berlaku di Indonesia.
1.2 TUJUAN
Adapun isi dari tulisan yang menjadi tugas softskill ini adalah agar para pembaca dapt lebih memehami dan mengerti penting nya pendidikan pancasila .  Dengan memahami dan membaca makalah ini di harapkan para pembaca dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam hidup bersosialisasi bahkan menjadi individu yang dapat mengembangkan bangsa ini . sebelum dan sesudah saya ucapkan banyak terimakasih.

BAB II
ISI
Sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan pada bab latar belakang mengenai pentingnya pendidikan pancasila pada bab ini saya akan menguraikan secara lebih jelas dan mendalam mengenai pentingnya pendidikan pancasila . Menurut saya pendidikan pancasila sangat lah penting , karena pendidikan pancasila adalah awal pembentukan diri seseorang menjadi pribadi yang baik . Dengan mempelajari pendidikan pancasila sejak dini seorang mahasiswa/mahasiswa dapat mempelajari bagaimana cara bersosialisai yang baik di kalangan masyarakat , dapat pula mengetahui norma-norma yang tidak boleh di langgar agar dapat menjadi warga negara yang baik .Pendidikan pancasila juga mengajarkan tentang bagaimana berperilaku di dalam masyarakat , bahkan mengajari apa itu kejujuran di dalam masyarakat .
Pada era saat ini kita dapat melihat sendiri betapa tidak jujurnya para penguasa negeri ini terlepas benar atau tidak nya semua itu . Dari mata awam yang hanya mengetahui informasi dari dunia telekomunikasi tentang para penguasa negeri yang melakukan korupsi juga sangat berkaitan dengan pendidikan pancasila menurut saya . Karena dengan mempelajari dan menerapkan pancasila di dalam kehidupan kita  seharusnya kita juga dapat memahami apa itu kejujuran apa itu keharusan , kewajiban dan hak yang kita miliki . Dengan melakukan korupsi bukan kah sama saja kita tidak dapat membedakan mana hak dan kewajiban kita ?  Pendidikan pancasila juga mengajarkan kita tentang kejujuran dalam bermasyarakat , tapi apa yang di lakukan para koruptor adalah kejujuran ? mengambil yang bukan hak nya dan bersikap seakan-akan tidak bersalah bukan lah makna yang dapat di petik dari pendidikan pancasila . Pendidikan pancasila juga mengajarkan tentang keadilan tapi apa yang saya lihat dan apa yang saya rasakan rasanya masih jauh menyimpang , beri saja contoh kecil yang umum  terjadi misalnya menyogok . Banyak ungkapan tentang “ ada uang semua selesai “ ya contoh ini adalah contoh yang sanagt gampang di berikan mengenai penyimpangan pendidikan pancasila . Bagimana tidak saat seseorang melakukan kesalahan tapi tidak mendapatkan hukuman yang setimpal hanya karena membayar sejumlah uang . Lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki uang ?  ya seperti yang kita tau bagi mereka yang tidak memiliki uang hukuman siap menanti walau hanya kesalahan kecil yang di lakukan . Bukan kan negara kita negara demokratis yang berpegang teguh pada hukum yang adil  tapi kenyataan yang ada lebih banyak penyimpangan yang di lakukan .
Mungkin bila pendidikan pancasila di ajarkan lebih dini dan mendalam di dunia pelajar Indonesia dapat megurangi para karuptor maupun sikap-sikap menyimpang yang di lakukan oleh oknum – oknum tertentu di Indonesia di masa depan karena menurut saya pendidikan pancasila dapat membentuk pribadi seseorang menjadi yang lebih baik di masyarakat walaupun semua tindakan yang di ambil kembali kepada individu nya masing-masing .  

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Mata kuliah pendidikan pancasila adalah mata kuliah yang pentin bagi mahasiswa Karena dapat membentuk pribadi yang baik dalam bermasyarakat dan dapat menanamkan norma-norma yang baik agar dapat menajdi warga negara yang baik bagi diri sendiri , orang lain dan bangsa ini dalam berkehidupan sehari-hari
3.2  Saran
Jadilah pribadi dan warga negara yang baik agar dapat berguna bagi semua orang dan tanamkan lah sikap jujur dan bijaksana agar berguna bagi bangsa ini . karena kebaikan dapat tercipta dari kemauan , kejujuran yang ada di diri kita sendiri .

1 komentar: